Monitoring dan Evaluasi Stok dan Harga Pangan bersama Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bali di Beberapa Penyosoh, hingga Pasar Tradisional

  • 21 Oktober 2019
  • Oleh: Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar
  • Dibaca: 415 Pengunjung

Pemantauan harga dan pasokan pangan pokok strategis baik di pasar atau konsumen terus di evaluasi dan dipantau setiap minggu oleh Tim Monitoring dan Evaluasi Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar. Kegiatan Monitoring dan Evaluasi kali ini dilaksanakan pada Senin (24/10). Monitoring dilakukan di beberapa penyosohan, hingga pasar tradisional untuk memantau stok pangan maupun harga pangan di Kota Denpasar. Kegiatan ini juga mendukung upaya stabilisasi harga dan pasokan pangan pokok strategis. Kegiatan monitoring kali ini bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bali.

Informasi yang didapat dilapangan merupakan data yang sangat penting yang akan diolah dan dikirimkan kepusat sebagai salah satu bahan pertimbangan pengambilan kebijakan di tingkat Kota Denpasar hingga tingkat Nasional.

Kegiatan monitoring dan evaluasi stok serta harga pangan baik ditingkat produsen, grosir, maupun eceran selalu dipersiapkan untuk mengantisipasi pergerakan harga, apabila terjadi kenaikan harga yang tidak wajar, baik disebabkan gangguan pasokan maupun distribusi bahan pangan.

Dari data yang didapat, dapat diketahui stok pangan pokok beras di dua pasar tradisional  yaitu Pasar Kereneng dan Pasar Badung 6,75 ton dan di dua distributor yaitu Ud Dewi Agung dan Ud Jenar Sari stok pangan pokok beras 52.5 ton.

 Seperti yang disampaikan oleh Ibu Astriwati selaku Kepala Bidang Pangan DPKP Kota Denpasar, “Hal yang juga penting menurutnya adalah, informasi ketersediaan pangan yang cukup dan harga yang stabil harus disampaikan ke publik, supaya mencegah tindakan spekulatif dari mayarakat. Seperti misalnya, Gejolak harga di masyarakat tidak hanya disebabkan karena kurangnya pasokan pangan, tetapi juga dipengaruhi oleh informasi yang beredar di media. Disini pentingnya kita jaga psikologis masyarakat,”

Dengan melakukan kegiatan ini juga membantu pemerintah pusat untuk mendapatkan data yang akurat untuk mengambil keputusan maupun kebijakan secara nasional. (Widya)


  • 21 Oktober 2019
  • Oleh: Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar
  • Dibaca: 415 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Ir. A.A.G Bayu Brahmasta,M.MA

Apakah Informasi yang tersaji pada Website Dinas Peternakan, Perikanan & Kelautan Kota Denpasar, bermanfaat bagi Anda?