Ayo Makan Ikan agar Sehat, Kuat dan Cerdas bersama DPKP Wujudkan Denpasar Gemar Makan Ikan

  • 24 September 2019
  • Oleh: Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar
  • Dibaca: 100 Pengunjung

         Gemarikan tahun ini kembali diadakan dan dimeriahkan oleh berbagai kalangan yang dilaksanakan pada Selasa (24/9) di Wantilan Pura Dalem Kahyangan, Setra Badung, Jl. Gn. Batukaru DenpasarAcara Gemarikan yang diadakan oleh Dinas Perikanan dan Ketahanan Kota Denpasar kali ini juga memberikan kegiatan perlombaan yang membuat acara semakin meriah. Berbeda dengan tahun lalu, kegiatan yang diadakan tahun ini bertambah meriah dengan adanya Pameran Budidaya Ikan, serta konsultasi budidaya ikan di daerah perkotaan.

            Kegiatan tahun ini dihadiri oleh Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN) Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster, Ketua Forikan Kota Denpasar, Ny I.A Selly Dharmawijaya Mantra, Ketua WHDI Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara, Asisten Pemerintahan dan Kesra, I Made Toya, Anggota DPRD Denpasar, serta seluruh pimpinan dan staf Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar.

“Kegiatan Gemarikan kali ini dalam upaya meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Kota Denpasar yang tingkat konsumsinya masih rendah yaitu 34, 76 kg/kapita/thn pada tahun 2018, yang masih dibawah dari tingkat konsumsi ikan Nasional untuk tahun 2018 yaitu 50 kg/kapita/thn. Sehingga dengan mengadakan kegiatan Gemarikan ini dapat mengajak dan menggugah kemauan/keinginan dan minat  masyarakat untuk menyukai makan ikan setiap hari khususnya untuk anak-anak usia dini. Mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama anak-anak generasi penerus bangsa, untuk sejak dini gemar makan ikan, mengingat ikan memiliki komposisi nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, kecerdasan dan pertumbuhan. Serta Mendorong minat masyarakat untuk terus berkreasi menciptakan menu baru sehingga minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan meningkat,”jelas ibu Raini selaku Ibu Sekretaris DPKP.

Hal ini juga ditanggapi oleh Ketua Forikan Denpasar, Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra dengan mengajak siswa sekolah dan masyarakat yang hadir untuk terus menggelorakan dan mengkonsumsi makanan serba ikan setiap harinya. Hal ini untuk menunjang kesehatan bagi keluarga serta memberikan makanan tambahan kepada siswa sekolah yang setiap tahun digelar Pemkot Denpasar bersinergi dengan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar.

Rangkaian acara yang dilaksanakan diantaranya , Sosialisasi Gemar Makan Ikan melalui kuis dan pemberian makanan tambahan kepada 350 orang anak-anak SD dan 50 anak TK, Lomba Masak Serba Ikan dengan peserta Ibu-ibu PKK Kota Denpasar, Lomba Melilit Sate ikan  , Lomba Memilih Olahan Ikan dan Lomba Masak Serba Ikan dengan peserta anak-anak Sekolah Dasar , Lomba Senam Sehat Gemarikan dengan peserta anak-anak SD dilakukan di Wantilan Pura Tambang Badung, serta Bazar Olahan Perikanan dan Bazar Pangan  dari pelaku usaha binaan Dinas.

Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat mengetahui dan memahami pentingnya pentingnya mengkonsumsi ikan untuk kesehatan dan kecerdasan , dan mau mengkonsumsi ikan setiap hari dengan variasi olahan yang dibuat/disiapkan oleh ibu-ibu di rumah. Karena ikan banyak mengandung vitamin diantaranya Omega 3 untuk daya ingat anak hingga meningkatkan status gizi anak-anak sekolah.(Widya)


  • 24 September 2019
  • Oleh: Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar
  • Dibaca: 100 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Ir. A.A.G Bayu Brahmasta,M.MA

Apakah Informasi yang tersaji pada Website Dinas Peternakan, Perikanan & Kelautan Kota Denpasar, bermanfaat bagi Anda?